loading...

Pengertian dan Urutan Planet dalam Sistem Tata Surya

Pokok-pokok dalam pembahasan berikut ini adalah tentang urutan planet dalam tata surya, Pengertian tata surya, pengertian planet dalam dan pengertian planet luar, pengertian planet merkurius,

Pengertian planet venus, pengertian planet bumi, pengertian planet mars, pengertian planet jupiter, pengertian planet saturnus, pengertian planet uranus, pengertian planet neptunus dan pengertian planet pluto.

Pengertian planet

Planet merupakan objek langit yang mengitari matahari yang memiliki bidang orbit yang eksklusif, bersih dari objek lain di sekitarnya serta memiliki massa yang cukup untuk gaya gravitasi sehingga mampu mempertahankan bentuknya.
Berdasarkan definisi di atas planet hanya ada sembilan yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus serta pluto.

Pengertian planet dalam dan planet luar

Jika dilihat dari sabuk asteroid, planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars disebut planet dalam, sedangkan Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus disebut planet luar.

Setiap planet yang bergerak pada orbital memiliki garis edar. Bidang edar planet bumi disebut ekliptika. Semua planet mengalami siang dan malam karena planet berputar pada sumbunya.

Pengertian dan Urutan Planet dalam Sistem Tata Surya
* Tanda Minus Menunjukkan Rotasi berlawanan dengan Planet-planet lain
** Ditemukan 21 tapi belum disahkan

Kebanyakan planet-planet berputar pada sumbunya searah dengan arah putaran Bumi, hanya Venus yang mempunyai arah perputaran yang berlawanan.

Di mana arah peredaran planet-planet berlawanan arah jarum jam. Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi planet.

Urutan Planet dalam Sistem Tata Surya

Jumlah planet dalam sistem tata surya kita berjumlah sembilan, untuk lebih memudahkan urutannya dimulai dari yang terdekat dengan bumi sampai yang terjauh, bisa menggunakan singkatan "Mevebumayu Saur Neplo".

Urutan Planet dalam sistem tata surya yaitu Me-Ve-Bu-Ma-Yu-Sa-Ur-Ne-Plo;

Pengertian dan Urutan Planet dalam Sistem Tata Surya
1. Me (Merkurius)

2. Ve (Venus)

3. Bu (Bumi)

4. Ma (Mars)

5. Yu (Jupiter)

6. Sa (Saturnus)

7. Ur (Uranus)

8. Ne (Neptunus)
9. Plo (Pluto)


Planet yang terdekat dengan matahari adalah Merkurius kemudian Venus. Temperatur kedua planet pada siang hari sangat tinggi. Karena itu planet Merkurius hampir tidak mempunyai atmosfer.

Sebaliknya Venus terselubung atmosfer yang tebal sehingga merintangi pandangan kita ke permukaannya. Karena terselubung awan putih yang tebal maka planet Venus sering disebut bintang pagi atau bintang senja.

Atmosfer di Venus kebanyakan terdiri atas gas karbondioksida. Suhu di Venus pada siang hari mencapai 500° C.

Sampai sekarang planet yang terus diteliti dan diperkirakan mungkin terdapat kehidupan adalah planet Mars. Di antaranya pada tahun 1976. Ekspedisi luar angkasa "Viking" didaratkan di Mars untuk meneliti keadaan di planet Mars.

Di seberang Mars terdapat planet berukuran besar/raksasa, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet yang terbesar adalah planet Jupiter dengan ukuran atau volumenya 2300 kali volume Bumi.

Sedangkan planet Saturnus adalah planet terbesar kedua dengan jari-jari 60.000 kilometer. Angkasanya hanya mengandung gas hidrogen dengan sabuk-sabuk awan yang memantulkan sinar matahari dengan baik. Terlihat seperti cincin yang melingkari planet.

Uranus dan Neptunus disebut planet kembar. Garis tengahnya kira-kira empat kali garis tengah Bumi.

Jumlah satelit pada planet

Planet-planet juga mempunyai satelit yang mengedarinya. Arah peredaran satelit sama dengan arah peredaran planetnya. Bidang edarnya hampir berimpitan dengan bidang edar planet.

Di dalam tata surya ada 32 satelit. Berikut penjabaran planet beserta satelitnya:

1. Bumi memiliki 1 satelit (bulan)

2. Jupiter memiliki 12 satelit

3. Uranus memiliki 5 satelit

4. Mars dan Neptunus memiliki 2 satelit

5. Saturnus memiliki 10 satelit

Ukuran satelit yang dimiliki Jupiter adalah sama atau lebih besar daripada bulan. Belum diketahui planet yang lain mempunyai satelit atau tidak.

Tetapi saturnus mempunyai satelit yang berangkasa yaitu Titan begitu juga satelit yang dimiliki Jupiter yaitu Ganymeda juga berangkasa. Ganymeda ini adalah satelit yang terbesar yang dimiliki oleh Jupiter.

Selain satelit-satelit tadi ada juga satelit yang dibuat oleh manusia dengan tujuan yang bermacam-macam, sebagian besar digunakan untuk langkah ilmiah dan sebagian lagi untuk meneliti cuaca dan lain-lain.

0 Response to "Pengertian dan Urutan Planet dalam Sistem Tata Surya"

Post a Comment