loading...

Penyebab Proses Terjadinya Pasang Surut Air Laut dan Jadwalnya

Pasang surut dapat dimanfaatkan untuk pengairan sawah (sawah pasang surut), menggerakkan pembangkit listrik dan pembuatan garam oleh nelayan.

Penyebab terjadinya pasang surut air laut

Pasangnya air laut dipengaruhi oleh gaya gravitasi bulan dan matahari terhadap bumi. Tetapi pasang terutama disebabkan oleh gaya gravitasi bulan karena jarak antara bumi dengan bulan jauh lebih dekat daripada jarak antara bumi dengan matahari.

Jika antara gravitasi bulan dan gravitasi matahari bekerja dalam arah yang sama akan terjadi pasang yang sangat besar.

Pasang Purnama dan Pasang Perbani

Untuk setiap kali bulan melintasi meridian, akan terjadi dua pasang yang utama karena pengaruh gravitasi bulan. Dalam satu bulan terdapat dua pasang purnama, dan dua pasang perbani.

Di mana pasang purnama ditandai dengan pasang terbesar dan pasang perbani ditandai dengan pasang terkecil.
Penyebab Proses Terjadinya Pasang Surut Air Laut dan Jadwalnya
Pasang Surut Air Laut

Jadwal Pasang surut air laut

Pasang purnama terjadi pasang yang terbesar karena gaya gravitasi bulan dan gaya gravitasi matahari bekerja pada arah yang sama. Pasang purnama terjadi pada bulan purnama dan bulan baru.

Pasang perbani terjadi karena gaya gravitasi matahari dan gravitasi bulan membentuk sudut 90°. Pasang perbani terjadi pada bulan seperempat. Antara dua pasang tersebut terjadi surut.

Pada keadaan surut, air laut mundur ke tengah laut sehingga pantai terlihat kering. Di selat yang sempit dan muara sungai perbedaan tingginya permukaan air laut pada saat pasang dan pada saat surut bisa mencapai 16 meter. Tetapi di laut terbuka perbedaannya hanya sekitar 3 meter.

4 Responses to "Penyebab Proses Terjadinya Pasang Surut Air Laut dan Jadwalnya"

  1. SALAH.

    Iya memang Matahari lebih jauh ketimbang Bulan, tapi tolong jangan abaikan pengaruh Massa terhadap Gaya Gravitasi. Coba perhatikan rumus Gaya Gravitasi berikut:

    F = G x M1 x M2 / r^2

    Data:
    Massa Bumi = 5.97 x 10^24 kg
    Massa Bulan = 7.35 x 10^22 kg
    Massa Matahari = 1.99 x 10^30 kg

    Jarak Bumi - Bulan = 384 400 km
    Jarak Bumi - Matahari = 149 600 000 km

    Coba hitung menggunakan rumus Gravitasi di atas. Maka anda akan mendapatkan bahwa Gaya Gravitasi Matahari - Bumi adalah 178.76 kali lebih besar ketimbang Bulan - Bumi. Jadi seharusnya air laut pasang ketika siang hari karena Matahari sedang berada di atas. Tetapi FAKTA nya tidak demikian kan? berarti Pasang-Surut air laut tidak terjadi karena pengaruh Gaya Gravitasi Bulan maupun Matahari.

    Untuk lebih jelasnya, silahkan buka tautan berikut:

    http://www.kaskus.co.id/show_post/5795926512e257f5198b456e/1/penyebab-pasang-surut-air-laut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi case penyebab pasang-surut air laut sebenarnya masih OPEN, alias belum CLOSED.

      Delete
    2. Iya Master Teacher, tetapi yang PASTI adalah Pasang-Surut air laut tidak terjadi karena gaya gravitasi bulan>matahari. Kenapa bisa saya katakan demikian?

      Karena hubunganya adalah seperti buah simalakama, jika pasang surut terjadi karena gravitasi bulan>matahari maka rumus Gravitasi Newton hancur, sedangkan apabila rumus Gravitasi Newton benar maka argumen karena gravitasi bulan yang akan runtuh. mereka gabisa jalan berbarengan karena bertolak belakang.

      Dan sepertinya yang bakal ngalah adalah argumen gravitasi bulan>matahari karena rumus Newton lebih superior.

      Delete
    3. Yang pasti ilmu pengetahuan itu selalu berkembang...

      Dulu orang beranggapan bahwa bumi itu adalah datar... ahirnya terbantahkan dengan kebenaran bahwa bumi ternyata bulat!

      Dulu orang beranggapan bahwa bumi adalah pusat tatasurya.... ternyata anggapan itu tergeser, karena matahari ternyata lebih berhak untuk itu!

      Bisa jadi, sekarang masih banyak orang yang beranggapan bahwa penyebab pasang surut air laut adalah karena pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari.... Namun, seandainya suatu saat nanti anggapan ini ternyata salah, maka kebenaran ilmu pengetuahlah yang harus dianut!

      Teruslah suarakan kebenaran! Terimakasih FEGETABLES GREEN!!!

      Delete