loading...

Penyakit, Gangguan dan Kelainan pada Sistem Pencernaan Manusia (Infeksi Saluran Pencernaan)

Pembahasan berikut ini adalah tentang penyakit pada sistem pencernaan, gangguan pada sistem pencernaan, kelainan pada sistem pencernaan, seperti; gangguan lambung, penyakit saluran pencernaan, penyakit pada lambung, infeksi saluran pencernaan, dan penyakit pada sistem pencernaan manusia.

Gangguan pada Sistem Pencernaan

Mutu dan jumlah makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat menyebabkan serangan penyakit. Mengkonsumsi makanan yang tidak teratur dapat menganggu sistem pencernaan, seperti uraian berikut ini.

1. Parotitis atau pembengkakan kelenjar gondok

Penyakit ini disebabkan virus yang menyerang kelenjar air ludah di bagian bawah telinga. Akibatnya, air ludah menjadi bengkak atau membesar.

2. Tukak lambung

Tukak lambung dapat terjadi karena adanya luka pada dinding lambung bagian dalam.

3. Apendisitis atau infeksi usus buntu

Penyakit ini dapat merembet sampai ke usus besar dan menyebabkan radang pada selaput rongga perut.

4. Diare

Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun protozoa pada usus besar. Karena infeksi tersebut, proses penyerapan air di usus besar terganggu. Akibatnya, feses menjadi encer.

5. Konstipasi atau sembelit

Sembelit terjadi akibat penyerapan air di dalam usus besar terjadi secara berlebihan. Akibatnya, feses menjadi sangat padat dan keras sehingga sulit dikeluarkan.
Penyakit, Gangguan dan Kelainan pada Sistem Pencernaan Manusia (Infeksi Saluran Pencernaan)
Gambar: Infeksi Saluran Pencernaan

Akibat Kelebihan atau Kekurangan Gizi

Makanan yang baik adalah makanan yang mengandung gizi dan seimbang antara karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineralnya.

Aktivitas yang dilakukan sehari-hari memerlukan energi yang berasal dari makanan yang dimakan. Jumlah energi yang diperlukan harus disesuaikan dengan berat ringannya aktivitas yang diperlukan.

Jika makanan yang dimakan mengandung energi yang berlebihan, kelebihan zat makanan tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak.

Jika hal itu berlangsung terus menerus, kegemukan akan terjadi. Tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit, seperti penyakit jantung, ginjal, kolesterol tinggi, asam urat tinggi, dan sesak napas.

Gangguan kesehatan juga akan terjadi jika makanan yang kita makan kekurangan zat yang dibutuhkan tubuh.

Faktor yang mempengaruhi kecukupan gizi antara lain usia, pertumbuhan, jenis kelamin, berat dan tinggi tubuh, aktivitas tubuh, gen, dan keadaan hamil atau menyusui.

Baca juga: Proses Pernapasan pada Manusia

0 Response to "Penyakit, Gangguan dan Kelainan pada Sistem Pencernaan Manusia (Infeksi Saluran Pencernaan)"

Post a Comment