loading...

Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian bidang miring, contoh bidang miring, rumus bidang miring dan contoh soal bidang miring beserta pembahasannya.

Pengertian Bidang miring

Salah satu contoh pesawat sederhana adalah bidang miring. Dalam kehidupan sehari-hari, bidang miring digunakan sebagai alat bantu untuk menaikkan barang-barang ke atas truk.

Gaya yang digunakan untuk menaikkan barang-barang ke atas truk dengan bidang miring jauh lebih kecil dibandingkan jika mengangkatnya dengan tangan secara langsung. Bagaimana hubungan antara gaya kuasa dengan panjang bidang miring?

Rumus Bidang Miring

Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring
Gambar: Prinsip Kerja Bidang Miring

Jika tinggi bidang miring h, panjang bidang miring s, berat benda yang dinaikkan melalui bidang miring w, dan gaya yang digunakan untuk memindahkan benda itu sebesar F maka keuntungan mekanik bidang miring dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut.
KM = w/f = s/h
KM = keuntungan mekanik

Contoh Soal Bidang Miring

Seseorang menaikkan drum minyak ke atas truk dengan menggunakan bidang miring yang panjangnya 3 meter. Jika tinggi bak truk 120 cm, berapa keuntungan mekanik bidang miring yang digunakan? Jika berat drum 2.400 N, berapa besar gaya untuk menaikkan drum itu?

Pembahasan

Diketahui:
w = 2.400 N
s = 3 m
h = 150 cm = 1,5 m

Ditanya:
KM = ...?
F = ...?

Jawab:
KM = s/h = 3m/1,2m = 2,5

KM = w/f
f = w/KM
  = 2.400 N/2,5
  = 960 N

Jadi, keuntungan mekanik bidang miring yang digunakan untuk menaikkan drum ke atas bak truk adalah 2 1/2 dengan gaya 960 N.

Contoh Bidang Miring dalam Kehidupan sehari-hari

Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring
Gambar: Macam-macam Contoh Bidang Miring

Demikian pembahasan tentang salah satu contoh pesawat sederhana tentang bidang miring, pengertian bidang miring, contoh bidang miring, rumus bidang miring, contoh soal bidang miring, dan contoh penerapan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Pengertian, Rumus dan Satuan Energi

0 Response to "Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring"

Post a Comment