loading...

Pengertian dan Macam-macam Contoh Perubahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian perubahan kimia, macam macam perubahan kimia, 15 contoh perubahan kimia, sifat perubahan kimia, 10 contoh perubahan kimia.

Pengertian Perubahan Kimia

Semua makhluk hidup bernapas. dengan cara mengambil oksigen dari lingkungan. Oksigen masuk ke dalam tubuh, dan digunakan untuk membakar zat makanan sehingga dihasilkan energi dan zat sisa.

Zat sisa yang dihasilkan itu berupa karbon dioksida. Sehingga pada proses bernapas itu terjadi perubahan materi dari oksigen menjadi karbon dioksida.

Oksigen tentu saja berbeda dengan karbon dioksida, maka pada perubahan materi ini menghasilkan zat baru.

Kegiatan memasak dengan menggunakan kompor minyak atau gas pun merupakan perubahan materi. Perubahan materinya itu menghasilkan zat baru dari minyak tanah atau gas berubah menjadi karbon dioksida dan uap air.

Peristiwa alam yang sudah kita kenal di antaranya proses fotosintesis. Daun pada tumbuhan menerima energi cahaya matahari, sehingga terbentuklah zat makanan dan oksigen.
Begitu juga pada saat membuat campuran asam klorida dengan soda kue menghasilkan zat baru yang berupa padatan. Perubahan materi yang menghasilkan zat baru disebut perubahan kimia
Pada saat kompor digunakan terjadi peristiwa pembakaran, sehingga pada peristiwa itu melepaskan energi panas. Berbeda dengan proses fotosintesis. Fotosintesis tidak mengeluarkan panas, tetapi memerlukan energi panas.

Dengan demikian pada perubahan materi secara kimia itu dapat menghasilkan zat baru, dengan menggunakan energi panas dan ada yang mengeluarkan energi panas.

Macam-macam Contoh Perubahan Kimia


1) Pembakaran

Peristiwa pembakaran akan melibatkan oksigen sehingga ada energi panas yang dikeluarkan dari bara api disertai pengeluaran karbon dioksida. Pada peristiwa itu terjadi penggunaan oksigen dengan menghasilkan zat baru yang berupa karbon dioksida disertai pengeluaran energi panas.

Batang kayu yang terdapat pada batang korek api apabila dibakar akan menghasilkan arang, dan apinya terus dinyalakan arang itu akan menjadi abu.

2) Perkaratan atau Korosi

Apabila besi diletakkan di tempat lembab akan bereaksi dengan oksigen. Oksigen menembus celah-celah permukaan besi, lama kelamaan pada celah itu timbul karat. Peristiwa tersebut disebut perkaratan atau korosi.

3) Pelapukan dan Pembusukan

Tumbuhan yang kena panas dan hujan lamakelamaan akan lapuk dan membusuk. Susu yang dibiarkan terbuka terkena udara bebas akan menjadi masam.
Pengertian dan Macam-macam Contoh Perubahan Kimia
Gambar: Pembusukan Buah

4) Peragian

Adonan terigu yang diberi ragi akan menjadi roti yang mengandung gula. Singkong rebus atau nasi ketan diberi ragi menjadi tape yang mengandung gula dan alkohol.

5) Fotosintesis

Coba kamu pelajari kembali tentang perubahan materi ada fotosintesis di Bagian A tadi. Zat yang diubahnya adalah karbon dioksida, air, dan klorofil oleh energi matahari sehingga menghasilkan zat baru yang berupa zat makanan (amilum dan glukosa) serta oksigen.

6) Reaksi Endoterm dan Eksoterm

Perubahan kimia dengan melepaskan energi panas disebut reaksi eksoterm. Sedangkan peristiwa perubahan kimia dengan memerlukan energi panas, seperti pada proses fotosintesis disebut reaksi endoterm.

Semua perubahan kimia ini bersifat tetap, karena setelah terbentuk zat baru sulit dikembalikan ke bentuk asalnya.

Sifat Perubahan Kimia

Sifat kimia merupakan kesanggupan zat untuk mengadakan perubahan kimia. Sifat kimia tersebut dapat diamati dengan indra kita, seperti:

a) Dapat atau tidak dapat terbakar.

b) Dapat atau tidak dapat bereaksi dengan air, gas, dan zat lainnya.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Contoh Perubahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment