Seni Terapan

Diposting pada

Seni Terapan – Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari berseni, baik itu seni murni atau terapan. Seni rupa sendiri merupakan cabang seni yang memiliki banyak kelebihan bagi masyarakat. Jika berseni murni berfokus pada keindahannya, maka berseni terapan ini berfokus pada keindahan dan penggunaannya.

Jika Anda belajar tentang dunia keterampilan, hal itu tidak lengkap jika anda tidak belajar tentang seni hias. Seni ini memiliki dampak besar pada kehidupan manusia sehari-hari. Siapa pun yang tertarik pada dunia berseni harus benar-benar belajar tentang seni hias ini.

Di bawah ini Anda akan menemukan banyak informasi penting tentang seni ini. Informasi ini dalam bentuk pemahaman tentang contoh seni hias atau terapan. Di sini Anda akan menemukan semua informasi yang Anda butuhkan terkait dengan seni ini.

Pengertian Seni Terapan

Seni-Terapan

Applied art merupakan karya seni yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang, di samping nilai seni yang mereka miliki, mengandung nilai fungsi tertentu. Fungsi karya seni dapat dibagi menjadi dua area, yaitu fungsi praktis dan fungsi estetis.

Merupakan seni visual yang disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu, karya ini cenderung memprioritaskan faktor penggunaan dalam hal keindahan dan aspek artistik.

Membuat karya seni hias tampaknya lebih sulit dibandingkan dengan karya seni murni. Karena rasanya lebih bebas untuk membuat karya seni murni serta tidak harus memperhitungkan fungsi akun dibandingkan dengan karya seni hias. Namun, seringkali sebaliknya, yang membuat seni murni lebih sulit daripada seni hias. Misalnya, orang mungkin lebih sulit melukis daripada membangun rumah.

Sejarah Seni Terapan

Di indonesia, sebuah karya seni hias telah ada sejak zaman prasejarah sebelum memasuki era masehi dan bahkan telah dikembangkan sejak saat itu. Sejak zaman nenek moyang dan leluhur masyarakat indonesia, banyak kapak batu serta tulang telah digunakan untuk berburu. Hal ini juga salah satu aplikasi saat menggunakan karya seni hias.

Masuk ke sebelum era modern atau masa pra sejarah sangat cepat, terutama dengan karya seni hias. Saat di jaman nenek moyang, batu digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat. Berbeda dengan zaman sekarang, tepatnya ke arah zaman yang sedikit modern, para pendahulu telah menggunakan logam sebagai pengganti batu.

Caranya adalah bahwa bahan logam pertama kali dilebur untuk membuat perhiasan dan juga perangkat lain seperti peralatan rumah tangga, kapal, neraca lainnya.

Jenis Seni Rupa Terapan

Ada banyak jenis seni hias yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari karena fungsi itu sendiri sebenarnya harus digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa jenis termasuk:

  1. Desain : berisi merancang gambar untuk membawa objek yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik, misalnya Desain kemasan, desain produk, desain brosur, dll.
  2. Arsitektur : seni membuat bangunan baik secara estetis maupun fungsional.
  3. Kriya terapan : kerajinan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi. Sebagian besar produk kerajinan memiliki nilai praktis serta dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Perlengkapan busana dan pakaian : mulai dari celana, pakaian, celana, topi, syal dan lain-lain.
  5. Gambar ilustrasi : Instruksi gambar memberikan lebih banyak konteks untuk menjelaskan teks.
  6. Patung terapan : Beberapa patung dapat digunakan sebagai seni jika mereka ingin menggambarkan sesuatu, seperti patung manusia tua di museum dll.

Fungsi Seni Terapan

Meskipun jelas bahwa seni hias memiliki fungsi yang membantu kehidupan sehari-hari, fungsi-fungsi ini dapat dibagi ke dalam klasifikasi yang berbeda, yaitu:

Fungsi individu

Yaitu, untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai makhluk psikologis dan fisik :

  1. Fungsi psikologis : kebutuhan manusia akan kebutuhan batin benda, seperti benda yang memiliki nilai nostalgia untuk bidang tertentu oleh-oleh khas kota asalnya.
  2. Fungsi fisik : Berarti memuaskan kebutuhan mendesak akan bentuk fisik objek, seperti kebutuhan manusia akan tas dan pakaian.

Fungsi Sosial

Fungsi sosial berarti dapat bermanfaat dan dinikmati bagi banyak orang di komunitas dan kalangan tertentu, seperti:

  1. Hiburan/rekreasi : Untuk menghindari kebosanan karena masalah pribadi dan beban kerja misalnya photo booth, film, komik, dll.
  2. Sarana komunikasi : Sebagai media yang dapat memberikan informasi dan menerima keluhan dari banyak orang seperti situs web, poster, iklan, spanduk, dll.
  3. Edukasi/pendidikan : Seni hias dapat memanifestasikan dirinya sebagai sarana pendukung pendidikan misalnya: ilustrasi dalam poster, buku teks, prosedur untuk sistem dll.
  4. Religi / agama : Dapat menjadi media keagamaan seperti: pakaian keagamaan modern, furnitur bernuansa religius yang memenuhi kebutuhan ibadah itu sendiri.

Contoh Seni Terapan dalam Kehidupan

Tidak mungkin bagi orang untuk hidup tanpa kontak dengan seni ini. Ada banyak contoh seni hias dalam kehidupan kita sehari-hari. Anda harus tahu bahwa untuk dapat menghargai karya seni dengan lebih baik. Berikut ini beberapa contohnya

Pakaian

Contoh seni hias yang paling dekat dengan kita ialah pakaian. Pakaian bukan lagi sekadar alat untuk kebutuhan sebagai sandang. Ada banyak model pakaian, mulai dari bentuk hingga gambar yang menghiasi pakaian. Segala sesuatu yang dilakukan untuk menghias pakaian dan mempercantik model mereka dapat digambarkan sebagai karya seni hias.

Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga juga bisa disebut seni hias . Contoh peralatan rumah tangga yang juga dianggap seni adalah tempat tidur, kursi dan meja. Semua perangkat memiliki fungsi, tetapi juga dihiasi dengan seni untuk mempercantik rumah. Peralatan ditata dan diatur sesuai dengan keinginan mereka yang memiliki rumah.

Arsitektur Bangunan

Bangunan yang Anda lihat dan tempati juga merupakan contoh seni ini. Arsitektur yang ada di dalam bangunan merupakan seni keindahan yang sangat terlihat. Ada banyak bangunan terkenal di dunia yang arsitekturnya menginspirasi.

Poster

Poster juga merupakan contoh seni terapan. Meskipun bentuk poster hampir sesuai dengan lukisan dalam bentuk gambar dua dimensi, poster bukanlah seni murni yang hanya menikmati keindahannya. Poster juga berfungsi untuk mengundang atau melibatkan komunitas yang lebih luas. Tujuan ini mengubah poster menjadi seni hias.

Alat Transportasi

Ada banyak moda transportasi di dunia ini yang tidak hanya digunakan untuk mengangkut penumpang, tetapi juga kaya akan seni. Contohnya seperti mobil mewah yang dirancang dengan nilai estetika yang hebat. Dalam hal ini, mobil merupakan seni tiga dimensi yang diterapkan.

Perhiasan

Seperti disebutkan di atas, perhiasan juga termasuk dalam seni ini. Contoh-contoh seni terapan Dalam hal ini, nilai keindahannya lebih ditekankan daripada kegunaannya. Bahkan, sepotong perhiasan sering dijadikan pajangan. Contoh perhiasan ini seperti emas, berlian dan banyak lainnya.

Senjata Tradisional

Senjata tradisional masih banyak digunakan sampai sekarang. Senjata tradisional juga memiliki nilai seni artistik sendiri. Misalnya, seperti belati yang diukir menjadi cantik. Senjata tradisional ini juga telah memiliki seni sejak zaman kuno.

Barang Elektronik

Barang elektronik juga merupakan contoh dari teknik ini. Contoh sederhana merupakan ponsel atau handphone. HP saat ini sedang dirancang dengan berbagai desain yang indah. Desain ini merupakan bagian dari seni kecantikan. Bahkan, tidak jarang untuk desain yang indah ini yang membuat harga ponsel lebih mahal.

Demikianlah pembahasan tentang seni terapan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :