Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli – Bangsa secara umum dapat diartikan sebagai “kesatuan orang-orang dari keturunan, sejarah, agama dan adat yang sama”. Suatu bangsa merupakan sekelompok besar orang yang memiliki cita-cita hukum dan moral yang karena hasrat dan pengalaman historisnya mau tidak mau menjadi satu di masa lalu dan harus hidup di wilayah suatu negara.

Dibawah ini kami akan membahas pengertian bangsa secara lengkap tentang para ahli yang mengungkapkan pendapatnya tentang bangsa nah untuk mengetahui nya mari kita bahas dibawah ini.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Muhammad Hatta

Menurut muhammad matta pengertian bangsa merupakan satu kesatuan yang ditentukan oleh keyakinan sebagai aliansi yang diorganisasikan ke dalam aliansi yang diterbitkan karena meyakini nasib dan tujuan bersama.

Menurut Jalobsen dan Libman

Menurut jalonsen dan libman pengertian bangsa merupakan suatu cultural unity (kesatuan budaya) serta Politic unity (kesatuan).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian bangsa merupakan sekelompok individu yang hidup dalam ikatan batin dan dipersatukan karena keduanya memiliki sumber sejarah yang sama dan cita-cita yang sama.

Menurut Budiardjo

Pengertian Bangsa merupakan instrumen (agensi) dari orang-orang yang memiliki kekuatan untuk mengatur hubungan manusia dalam masyarakat dan untuk mengekang gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat.

Hans Kohn

Pengertian bangsa merupakan sekelompok orang yang pluralistik dan bersatu karena proses perjuangan sejarah. Suatu bangsa terbentuk dan memiliki karakteristik khusus seperti kesetaraan bahasa, ras, agama, adat dan wilayah.

Ernest Renan

Pengertian bangsa menurut ernest renan adalah jiwa yang terikat pada sekelompok orang yang merasa bersatu karena di masa lalu mereka memiliki nasib dan penderitaan yang sama dan cita-cita yang sama untuk masa depan.

Menurut Anthony D. Smith

Pengertian bangsa merupakan komunitas dari setiap individu yang memiliki nama, pandangan tentang mitos, pandangan tentang upaya untuk mengendalikan tanah air, sejarah yang sama, ekonomi tunggal, budaya politik yang sama dan hak dan kewajiban yang sama dari semua anggota.

Menurut Soekarno

Menurut soekarno pengertian bangsa merupakan selain karakteristik tertentu suatu bangsa harus dicirikan oleh cinta yang sama terhadap ibu negara.

Sosiolog dan Antropolog

Menurut para ahli antropologis dan sosiologis bangsa merupakan komunitas independen di mana setiap anggota komunitas merasakan ras, agama, bahasa dan adat istiadat. Di sisi lain, diasumsikan bahwa kemitraan sipil merupakan asosiasi semua orang yang saling membutuhkan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama di bidang tertentu.

Menurut Kranenburg

Menurut kranenburg pengertian bangsa merupakan organisasi kekuatan yang diciptakan oleh sekelompok orang di suatu negara.

Rudolf Kjellen

Menurut rudolf kjellen pengertian bangsa merupakan analogi atau analisis yang membandingkan bangsa dan organisme biotik dengan menyeimbangkan jiwa bangsa berdasarkan kesenangan organisme. Maka hasilnya merupakan menciptakan sebuah bangsa yang memiliki keinginan untuk hidup, bertahan hidup dan bertindak seperti yang mereka inginkan untuk “memerintah”.

Menurut Rawink

Bangsa merupakan sekelompok orang yang bersatu dalam suatu wilayah dan juga memiliki ikatan dengan wilayah itu. Untuk kelompok orang ini, batas teritorial tertentu merupakan hal terpenting yang dihasilkan dari lokasi geografis mereka di wilayah tertentu.

Menurut F. Razzel

Suatu bangsa dibentuk atas dasar keinginan yang bersatu. Keinginan atau hasrat muncul dari perasaan persatuan antara manusia dan lingkungan tempat mereka tinggal.

Otto Van Bauer

Pengertian bangsa menurut otto van bauer merupakan sekelompok orang yang memiliki watak “karakter” yang sama yang muncul dari perasaan takdir yang sama.

Menurut Jutmini Dkk

Negara merupakan bentuk organisasi kelompok atau masyarakat orang yang memiliki kekuatan untuk mengatur hubungan, menjaga ketertiban, dan menetapkan tujuan untuk kehidupan bersama.

Benedict Anderson

Menurut benedict anderson pengertian bangsa merupakan salah satu komunitas politik di daerah dengan batas dan kedaulatan yang jelas.

Joseph Stalin

Bangsa merupakan yang berpendidikan historis adalah komunitas orang yang stabil yang dibentuk berdasarkan bahasa yang sama, wilayah yang sama, ekonomi yang sama, dan perasaan psikologis, yang memanifestasikan diri mereka dalam budaya yang sama.

Menurut Guibernau

Pengertian bangsa merupakan negara bangsa yang mengandung unsur-unsur penting sebagai pengikat, termasuk: budaya, psikologi, sejarah, kewilayahan, politik dan masa depan yang sama.

KI Bagoes Hadikoesoemo

Menurut Ki bagoes hadikoesoemo pengertian suatu bangsa merupakan asosiasi antara orang-orang, asosiasi antara wilayah dan manusia.

Lothrop Stoddard

Menurut lothrop stoddard pengertian suatu bangsa merupakan kepercayaan yang dimiliki oleh beberapa orang bahwa mereka adalah bangsa.

Wikipedia

Menurut wikipedia pengertian bangsa merupakan sekelompok orang yang dianggap nasional, memiliki identitas yang sama dan memiliki agama, bahasa, budaya ideologi dan sejarah yang sama. Secara umum diyakini bahwa mereka memiliki garis keturunan yang sama.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian bangsa menurut para ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :